Kamis, 18 September 2014

Pendakian Gunung Guntur Garut (2.249 mdpl)

Landscape Puncak 1 Gunung Guntur Garut.

Satu lagi gunung di daerah Garut yang berhasil saya daki. Bulan ini (Juni 2014) genap sudah saya selesaikan expedisi gunung-gunung di daerah Garut. Setelah sebelumnya gunung cikuray, papandayan, kini giliran  sebuah bukit gersang. Yah, bukit gersang, itulah yang bisa kita lihat dari gunung guntur dari kejauhan.

Gunung guntur  berjenis gunung stratovolcano. Gunung ini berbeda dari gunung-gunung lainnya yang ada di daerah Garut. Dari kejauhan gunung ini terlihat seperti bukit gundul karena sebagian besar dari gunung ini terisi oleh padang ilalang. Itulah kenapa gunung ini terlihat berwarna coklat muda jika dilihat dari kejauhan.

Untuk mencapai gunung ini dari daerah Bandung atau Garut kita bisa menggunakan bis tujuan terminal guntur. Dari terminal guntur kita bisa naik angkutan pedesaan yang ke arah cipanas garut lalu turun di lokasi penambangan pasir di kaki gunung guntur.
Dari lokasi penambangan pasir tersebut kita bisa menumpang truck angkutan pasir untuk naik ke atas sampai dengan ujung jalan yg sudah tidak bisa dilewati mobil lagi.

Untuk kegiatan pendakian gunung guntur sendiri sampai saat ini belum ada pengelolaan secara resmi. Ijin pendakian bisa kita dapat dari kepala desa setempat.
Pendakian dimulai dari lokasi penambangan pasir. Selanjutnya kita akan menyusuri pinggiran sungai. Jalur pendakian cukup terjal. Menurutku jalur pendakian gunung guntur lebih terjal dibanding gunung cikuray, walaupun secara ketinggian gunung cikuray jauh lebih tinggi dan jalur pendakiannya lebih panjang.
Setelah melewati hutan, selanjutnya kita akan melewati padang ilalang  sampai puncak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar